Beasiswa ICCR: Gampang-gampang Susah !

January 04, 2017

Pengalaman Berburu Beasiswa : ICCR India !

Manali, Himachal Pradesh, India

 

Mungkin bagi kalian yang sekarang membaca ini, pasti sedang dirundung kebingungan ya karena sibuk mempersiapkan berkas untuk ICCR ? Yap ! Beasiswa ICCR 2017-2018 sudah dibuka! Deadline tanggal 10 Januari 2017. Hurry up !

Jika masih bingung terkait prosedur pendaftaran ICCR bisa mampir ke tulisan saya Beasiswa ICCR 2017/2018 DIBUKA ! karena sudah saya jabarkan secara men..de..tail :))

Saya penerima beasiswa ICCR angkatan 2014 -2016 untuk jenjang S1 jurusan Sains. Angkatan saya hanya 6 orang yang diterima untuk S1 dan mayoritas adalah S2, jadi memang kesempatan untuk S2 lebih besar. 

Sebelumnya saya belum pernah mendaftar beasiswa manapun jadi bsia dibilang ICCR-lah yang pertama. Namun tekad untuk berkuliah di luar negeri memang sudah terpatri sejak saya masih SMP dan sudah mantap dengan pilihan kuliah S1 di India sejak masih SMA. Walaupun sempat kuliah di kota tinggal saya juga, Jogja :D

Pengalaman Persiapan Berkas

Saat itu saya menyadari bahwa beasiswa ICCR sedang dibuka adalah satu minggu sebelum tanggal penutupan. Jadi ya pengalaman saya dalam mengumpulkan berkas ini lumayan ketar-ketir apalagi sedang musim UAS di kampus saya. Hal yang saya lakukan pertama kali saat itu adalah mencari informasi seputar tes TOEFL, karena TOEFL adalah hal yang sangat esensial bagi hampir semua jenis beasiswa luar negeri. Beruntunglah saya saat itu ELTI sedang membuka Tes TOEFL ITP dalam waktu 3 hari kedepan, saya langsung ambil ! Karena waktu saya untuk mempersiapkan segalanya hanyalah 1 minggu ! Pengalaman saya ikut tes TOEFL 'sungguhan' untuk ICCR bisa dibaca juga di Pengalaman Pertama Mengikuti Tes TOEFL untuk Beasiswa !

Hal kedua yang lumayan menguras otak dan uang adalah tes kesehatan. Karena pada formulir kita diwajibkan untuk mengisi lembar cek kesehatan. Awalnya saya mencoba untuk minta dokter di klinik kampus saya untuk melakukan check-up seperti yang tertera di formulir, namun si dokter menjelaskan bahwa beliau tidak bisa melakukan semua check-up karena keterbatasan fasilitas di klinik. Tanpa berfikir panjang akhirnya saya menuju RSUP Sardjito di Yogyakarta. Benar saja, ternyata RS tersebut sudah sering melayani pelanggan yang hendak ke India juga untuk ICCR. Dokter di RS menunjukkan saya formulir-formulir ICCR lama milik para pasien sebelumnya. Akhirnya saya relakan uang Rp 400.000,- demi check-up tersebut. 

Berkas lain yang lumayan menyita waktu adalah mencari penerjemah tersumpah harga terjangkau. Saya harus browsing sana sini. Selain itu surat rekomendasipun juga harus saya pikirkan sendiri karena kepala sekolah saya minta supaya saya buat draft nya dulu nanti  tinggal di berik kop surat dan ttd beliau he..he.. lumayan lembur untuk menyusun 2 surat rekomendasi karena saya belum pernah membua surat rekomendasi berbasa Inggris sebelumnya, jadi lagi-lagi harus rajin browsing sana-sini.

Sempat ada kekhawatiran juga karena tidak ada kepastian kapan hasil TOEFL dan tes kesehatan akan keluar. Tes TOEFL dan hasil tes kesehatan keluar sehari sebelum deadline. Setelah melihat hasil tes TOEFL saya cuma meringis-meringis kecut dan segera ke JNE untuk mengirimkan berkas. Saya pakai jasa one-day delivery untuk mengirimkan berkas ke Indian Embassy Jakarta. Saya sangat bersyukur saat tahu berkas saya sudah sampai tepat pada waktunya.

Tes Bahasa Inggris dan Wawancara di Kedutaan India - Jakarta

Sekitar dua minggu setelah penerimaan berkas, saya mendapatkan email panggilan untuk wawancara. Email dari kedutaan India bisa dibaca pada gambar dibawah 



Akhirnya segeralah saya memesan tiket bus ke Jakarta untuk tes wawancara. Saya cukup kaget karena rata-rata yang mengikuti tes sudah jauh lebih tua dari saya. Maklum karena saat itu saya hanyalah mahasiswa semester 2

Beruntungnya kami pada saat itu tidak ada tes wawancara karena kepala bagian pendidikan Indian Embassy sedang sibuk jadi kami hanya diminta untuk berdiri dan memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris. Lucky me ! :D Setelah itu kami mengikuti tes bahasa Inggris. Tes bahasa Inggris seputar grammar dan menurut saya sangat mudah karena pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan masih sangat basic. Setelah itu kita diminta untuk menulis esai dalam bahasa Inggris tentang topik yang sudah diberikan. Ada dua topik yang diberikan dan kita hanya diminta untuk memilih salah satu. Topik yang diberikan adalah 'kenapa Anda ingin kuliah di India' dan 'Ingin jadi apa Anda di masa depan' (kalau tidak salah ingat). 

Pengumuman Hasil

Rentang waktu tes wawancara dan hasil memang cukup lama.Saya mendapatkan email acceptamce letter pada akhir Juli. Namun beberapa teman saya juga ada yang bulan Juni sudah mendapat pengumuman. Jadi untuk teman-teman yang mendaftar ICCR siap-siap untuk mantengin email di bulan Juni - Juli ya :D

Berikut saya sertakan screenshoot email dari Kedutaan India terkait hasil penerimaan beasiswa.

     


Share this :

Previous
Next Post »
9 Komentar
avatar

Bisa minta kontak yang dihubungi, saya mau tanya tanya tentang studi di india, terima kasih

Balas
avatar

s.fathurrohmah@gmail.com atau pasporkuliah@gmail.com

Balas
avatar

Halo mba Rohmah saya terkesan dan pengen banget belajar di negeri Gandhi. Ada banyak hal sebenarnya mba yang saya ingin tanyakan. Saya saat ini bekerja di salah satu stasiun TV di Indonesia. Biasa nya ada nggak ya mbaa beasiswa jurusan broadcasting ? :) Thanks mbaa

Balas
avatar

Halo Rani :) Saya belum pernah lihat ada mahasiswa Indonesia yang ambil broadcasting. Tapi kalau setau saya kalau mau ambil broadcasting ya harus sekolah nya di School of Broadcasting gitu, jadi bukan yang di universitas. Kalau ICCR sendiri biasanya memberikan beasiswa untuk kuliah di universitas/institute aja

Balas
avatar

Terimakasih sudah membagikan hal-hal bermanfaat dan memotivasi. Saya jadi semangat mengejar beasiswa ICCR :)

Balas
avatar

Halo mb.. Saya pencinta kebudayaan India saat ini saya sedang menempuh pendidikan sejarah di salah satu Universitas negeri. Saya bercita-cita lanjut S2 dan ingin mendapatkan beasiswa ICCR gimana mb caranya. Terimakasih

Balas
avatar

Halo mb.. Saya pencinta kebudayaan India saat ini saya sedang menempuh pendidikan sejarah di salah satu Universitas negeri. Saya bercita-cita lanjut S2 dan ingin mendapatkan beasiswa ICCR gimana mb caranya. Terimakasih

Balas
avatar

Satu-satu nya cara adalah dengan mendaftar :)

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔