Study at Bhavan Degree College with Me !

January 23, 2017

 

Sampai sekarang masih tak habis pikir saya bisa kuliah di kampus ini, di kota ini. Jika harus dirincikan lebih dalam lagi, hanya akan menguras hati akan puing-puing masa lalu di Kota Utara tersebut. Sudahlah ! 

Okay, so, since today is Wednesday, and I love Wednesday, saya akan mengajak kalian untuk merasakan kuliah di Bhavan's College selama satu hari. Mari cus kita berimajinasi !

Perkuliahan disini dimulai pukul 10.00 sampai 16.30 khusus untuk Departement of Life Sciences Biasanya saya akan berangkat dari rumah pukul 09.15 dengan berjalan kaki. Saya hobi sekali jalan kaki di pagi hari. Perjalanan ke kampus biasanya 20-25 menit, tergantung kecepatan kaki saya. Jika semakin mendekati hari Minggu maka kecepatan kaki saya akan bertambah. Saya senang kuliah, namun saya juga suka hari libur.

Pukul 09.45 saya sudah sampai di kampus dan setiap pagi di kampus selalu ada assembly. Saat assembly murid akan memanjatkan doa bersama-sama dalam bahasa Sansekerta which I have no any idea at all about that language so I will just stand in line, listen to the prayer, and sometimes, playing Talking Tom. Atau jika saya sedang ingat maka saya akan berdoa menurut agama saya sendiri. Kegiatan doa bersama biasanya dilanjutkan dengan penyampaian pengumuman oleh principal. 

It's 10.00 so let's go to class. Since it's Wednesday so the first period would be French in Room No. 69.  I love this subject so much. In my opinion, it's really good idea putting non-science subject in the first period. How can we start our morning with something serious? Salah satu mata kuliah wajib di kampus ini adalah second language, dimana kita bisa memilih bahasa yang ingin kita pelajari. Iya betul, saya memilih Bahasa Prancis. Lumayan banyak mahasiswa asing yang memilih Bahasa Prancis sebagai second language mereka. Di kelas ini pula saya bisa berteman dengan banyak mahasiswa non-science seperti mahasiswa Arts dan Commerce. 

11.00 - 12.00 Next class is Microbiology! Mikrobiologi juga merupakan mata kuliah favorit saya. Sejak dahulu ketertarikan saya memang lebih condong ke ladang Biologi. Dosen biasanya akan menjelaskan dan kami akan mencatat. Saya selalu berusaha membuat catatan yang rapi untuk semua mata kuliah Sains, agar ketika ujian saya tidak akan kesulitan untuk mencari dan membaca ulang. 

12.00 - 12.15 Short Break ! not really a break actually. Setiap hari Rabu adalah jadwal kami untuk Praktikum mata kuliah Genetika.Waktu 15 menit ini biasanya akan kami gunakan untuk persiapan praktikum. Tak sedikit dari teman saya yang memanfaatkan short-break ini untuk mengerjakan laporan praktikum. Saya selalu berusaha untuk mengerjakan praktikum tepat waktu supaya tidak kelabakan saat pengumpulan. Time's up ! Time for Lab ! 

12.15 - 14.00 Genetics Lab. Dosen kami menjelaskan bahwa hari ini kami akan mengamati Polytene Chromosome pada larva Diptera. Praktikum selalu dilakukan secara individu. Kami diminta untuk mengisolasi kelenjar air liur (salivary gland) pada tubuh larva Diptera kemudian melakukan pengecatan pada kelenjar tersebut selama 20 menit. Setelah pengecatan selesai, kita harus mengamati kelenjar tersebut dibawah mikroskop dan mencari penampakan Polytene Chromosome. It's kinda tough experiment actually, only very few students are able to find the chromosome, including me.... Thank you...LOL.

14.00 - 14.30 Lunch Break ! Biasanya saya akan ke kantin kampus untuk makan siang bersama teman-teman saya. Makanan kantin favorit saya adalah bonda. Bonda adalah semacam roti yang berbentuk bola dimakan dengan cara dicelupkan ke kuah sambhar. Satu porsi seharga 20 rupees atau 4000 rupiah untuk 4 buah bonda dan kita bebas untuk mengambil kuah sambhar. Saya selalu memesan bonda untuk makan siang karena murah dan mengenyangkan.
14.30 - 15.30 Genetics Class. Again after dealing with genetics in Lab, now we are having Genetics class. You may say that today is Genetics Day ! Berhubung dosen genetika kami sangat disiplin, kami selalu berusaha sudah siap di kelas sebelum pukul 14.30, jika tidak, kami tidak akan diberi poin kehadiran. Saya sebetulnya sangat sengan dengan dosen ini, karena beliau mengajar sangat detail dan mendalam. Saya jarang sekali membaca buku referensi untuk mata kuliah dosen satu ini, karena menurut saya catatan dari beliau sudah lebih lengkap dari pada textbook Genetika yang saya punya. Beliau adalah Head of Departement of Genetics, atau bisa dibilang dekan fakultas Genetika.

15.30 - 16.30 Finally last period, Chemistry! Berhubung chemistry ini adalah kelas terakhir dan dosen kami sudah paham bahwa kami sudah lelah, biasanya beliau akan mengajar maksimal hanya 30 menit saja. Walaupun demikian, pelajaran chemistry sebetulnya cukup santai. Namun tantangannya adalah, dosen kami ini hanya memberikan catatan ala kadarnya saja jadi mau tidak mau kami harus mencari penjelasan lebih lanjut di buku. Karena jika hanya mengandalkan catatan beliau, saat ujian, bisa jadi kami hanya mampu menulis 2 halaman untuk tiap pertanyaan. Padahal rata-rata tiap pertanyaan saat ujian biasanya kami harus menulis 4 - 5 halaman.

Okay guys, I think that's pretty much it for Wednesday's classes and college activities. See you next article !

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔